Kamis, 10 Mei 2012

Pengalaman Kerja


Pengalaman Kerja
Berbicara soal pengalaman kerja, sudah cukup banyak pekerjaan yang pernah saya lakukan semenjak saya dibangku sekolah dasar. Sebelumnya saya ingin menceritakan sedikit tentang kehidupan saya di masa lalu yang berhubungan dengan pengalaman kerja. Saya terlahir di keluarga yang sangat sederhana dan di desa yang sederhana pula, pada awal masuk sekolah dasar saya sudah tidak tinggal bersama ayah dan ibu saya, pada waktu kelas 1 sekolah dasar saya sudah tinggal bersama kakek, nenek dan 2 orang kakak sepupu, ayah dan ibu saya mulai merantau ke Jakarta mencari rezeki lebih di bandingkan harus mencari rezeki di desa, desa saya berada di pesisir selatan, provinsi Lampung Selatan, kabupaten tanggamus desa sri kuncoro. Di desa itu sangat sulit mencari pekerjaan yang lebih dari sekedar layak, untuk  makan saja sudah sangat pas-pasan, makan dengan sayur dan ikan asin adalah makanan special di keluarga kecil kami. Untuk mencari makanan special kami tidak bisa hanya mengandalkan rezeki dari seorang kakek dan nenek-nenek. Pekerjaan pertama yang pernah saya lakukan adalah berjualan es berbagai jenis rasa yang biasa di sebut dengan es balon, pada waktu itu cuaca di desa sedang musim kemarau, lokasi saya untuk menjual es tersebut yaitu keliling desa, pada masa itu harga es tersebut 100 rupiah, keuntungan dalam sehari saya menjual es pada waktu itu kurang lebih 1000 rupiah, itu pun hasil yang sangat besar bagi saya pada masa itu. Keuntungan dari hasil menjual es saya langsung berikan kepada nenek saya untuk membeli sedikit sayuran agar keluarga kami bisa makan special, 2 kakak sepupu juga melakukan hal yang sama yaitu berjualan es di kampung sebelah. Setelah berminggu minggu saya jualan es, musim hujan telah datang, maka es yang biasa saya jual mulai tidak laku. Saya pun harus mencari alternative lain agar mendapatkan uang tambahan. Di bawah ini adalah pengalaman pekerjaan yang pernah saya lakukan:
-          Jual es keliling
-          Jual rambutan
-          Buruh petani kopi cokelat (biji kokao)
-          Penjual mpek-mpek
-          Kerja di pabrik kue
-          Penjual jagung bakar
-          Satpam di PT. ISS
-          photographer
saat ini saya sudah kuliah dan sedang merintis usaha bersama teman-teman yaitu usaha di bidang jasa photographer yang bernama Paduka Studio. Dan blog terkait adalah http://padukastudio.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar