Jumat, 24 Desember 2010

foot ball indonesia bersatu

Satu telunjuk Gonzales terangkat di angkasa. Riuh ribuan penonton menggema di kemegahan Stadion Gelora Bung Karno. Bu Presiden dan Pak Presiden pun berjingkrak seakan beban negara yang ada dipundaknya itu telah hilang. Ya, tendangan melengkung Ala Gonzales itu telah menyihir jutaan penonton Indonesia dan menyatukan Emosi Nasionalisme masyarakat Indonesia menjadi satu warna. Entah itu Penggila Bola, petani, olahragawan, tukang sayur, pejabat, pegawai bahkan ibu-ibu yang tidak tahu apa itu sepak bola pun ikut berjingkrak dan saling berpelukan meneriakkan nama Indonesia.

Luapan emosi akan kehausan gelar selama 14 tahun terakhir ini seakan membuncak di langit-langit Rumah Ibu Pertiwi. Tinggal menunggu ledakannya malam hari tepat di tanggal 29 Desember Nanti, ketika Indonesia berhadapan dengan musuh abadinya, Malaysia dalam final kedua di Jakarta.

Semangat Nasionalisme masyarakat Indonesia sungguh luar biasa, pertandingan Final pertama di Kuala Lumpur saja belum berjalan, tetapi di Jakarta telah banyak ribuan fans bola yang rela antri mulai subuh untuk mendapatkan tiket pertandingan final kedua. Bandingkan dengan fans malaysia yang bahkan harus dihimbau oleh Pemerintah untuk menonton laga itu di stadion Bukit Jalil. Mereka menyiapkan strategi untuk tidak menyiarkan laga itu di TV Malaysia agar memancing fans malaysia menonton di stadion.

Inilah momen sempurna untuk kebangkitan Nasionalisme kita. Indonesia sedang bergairah melihat timnas sepak bolanya berada di puncak kejuaran Asia Tenggara. Jauh memang bila kita mengacu pada kejuaran Asia bahkan Dunia. Tetapi kita bayangkan saja kalau di tingkat Asia Tenggara saja, Animo masyarakat seperti ini.. Bagaimana bila kita mampu berbuat banyak di level yang lebih tinggi lagi?? sekali lagi Sepak bola telah menyatukan masyarakat Indonesia!!! kapan lagi kita bisa melihat Bapak Presiden dan Ibu Presiden tersenyum gembira?? Kapan lagi kita melihat suporter-suporter fanatik yang radikal dengan klubnya masing-masing berpelukan dan mengangkat warna kebesaran Indonesia?? Apapun hasilnya nanti, saya tetap bangga menjadi warga Indonesia dengan semangat Nasionalismenya yang tinggi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar